Berburu Lima Menu Kuliner Halal di Jalan Sabang Jakarta Pusat

 

Ini dia hasil kulineran aku di Kopi Ko Acung, Jalan Sabang, Jakarta Pusat (Dok. Pribadi)

 

 

Nama Jalan Sabang pastinya sudah tidak asing lagi. Bahkan bisa dibilang surganya makanan ada di sana. Ada banyak makanan dengan dua konsep utama yang ditawarkan sepanjang Jalan Sabang, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ada yang street food ada yang resto dan café. Kulinernya juga terbagi menjadi dua ada yang menu kuliner halal dan non halal, tentunya dari lokal Indonesia dan juga menu mancanegara.

 

Bagi yang belum tahu, lokasi Jalan Sabang ini sangat dekat dengan Sarinah dan juga Djakarta Theater. Pertualangan kuliner demi menghibur organ paling seru di Jalan Sabang ini. Berbagai jenis makanan dengan tingkat harga bisa kita jajal di sini.

 

Nah, langsung aja deh ya, berhubung udah lapar, saya mau rekomendasikan lima menu kuliner halal di Jalan Sabang, Jakarta Pusat yang menurut saya enak dan terjangkau harganya.

 

1.     Soto


Soto singkong kuah sapi khas peranakan Kalimantan Barat (Dok. Pribadi)


Jalan Sabang mungkin bisa disebut dengan jalan yang menjual banyak menu soto halal, mulai dari soto ayam, soto babat, soto Betawi, soto daging dan ada satu menu soto yang menurut saya unik yaitu soto singkong kuah sapi. Menu soto ini baru pertama kali saya coba dan dapat ditemukan di resto Kopi Ko Acung. Kalau dilihat sebenarnya ini adalah menu soto khas peranakan dari Kalimantan Barat. Kalau soto ayam ala pulau Jawa rasanya sudah sering dan sangat menjamur, kalau menu Soto singkong kuah sapi ini khas sekali menurut saya. Rasa kuah sapinya itu seger banget ditambah dengan adanya singkong, bihun, daging sapi, kacang goreng, teri goreng, dengan condiment seledri dan bawang goreng. Harganya juga terjangkau, satu porsi bisa untuk sekitar 2 orang dengan harga 45 ribu saja. Tentunya paling enak ditambah nasi ya, supaya lengkap.

 

2.     Sate

Sate kuah yang isinya ada lontong dan bihun, kuahnya seger, dagingnya lembut dan besar (Dok. Pribadi) 


Kalau menyusuri Jalan Sabang, kita bakal nemuin banyak menu sate, mulai dari sate ayam, sate kambing dan sate madura. Sate terkenal dengan bumbu kacangnya yang legit, kental dan juga taburan bawang goreng, atau bisa juga dengan bumbu kacang. Sate kali ini yang saya rekomen adalah sate sapi kuah. Pertama kali melihat menunya langsung terbayang-bayang, bagaimana ya kalau sate tapi ada kuahnya. Ternyata sate kuah ini enak sekali dengan kuah yang cukup kental, condiment lontong dan bihun. Satu porsi isinya 3 atau 5 tusuk. Kalau 3 tusuk harganya 35 ribu, kalau 5 tusuk harganya 50 ribu. Tapi jangan salah, satenya satu tusuk saja itu dagingnya besar-besar loh. Saya sendiri merasa untuk satu porsi tunggal, saya hanya mampu menghabiskan 3 tusuk sate saja. Menu sate kuah unik ini bis akita temukan di Kopi Ko Acung.

 

 

3.     Nasi campur

Nasi campur halal dengan daging ayam angkak dan olahan daging ayam dan udang, dengan kuah kaldu dan kuah angkak (Dok. Pribadi)


Nasi campur merupakan menu yang sering kali membuat “plot twist” bagi para pemesannya. Bagi yang belum familiar, dengan memesan menu nasi campur seringkali akan berujung “jackpot” karena nasi campur identik dengan daging babi yang dipotong dan ada warna merahnya atau dikenal dengan “chasiu”. Namun jangan khawatir, ternyata saya menemukan nih nasi campur yang uenak tapi halal 100%. Nasi campur ini bis akita temui di salah satu menu Kopi Ko Acung. Daging yang disajikan merupakan daging ayam yang diberikan angkak sebagai pewarnanya, makanya berwarna merah seperti daging babi chasiu. Selain itu, ada juga tambahan lainnya serupan olahan daging ayam dan udang yang berwarna cokelat, gurih dan enak sekali rasanya. Nasi campur tentunya belum lengkap kalau belum ada kuahnya. Nah, pada menu ini ada tambahan dua kuah, satu kuah kaldu dan satu lagi kuah kaldu dan angkak (warnanya jadi agak kemerahan). Rasanya jangan ditanya, enak pisan kuahnya segar, daging ayamnya gurih meresap, gorengan daging olahan ayam dan udangnya gurih agak crispy.

 

4.     Ayam

Ayam lanting yang crispy dan cabai garamnya pas banget dengan nasi panas (Dok. Pribadi)


Ayam menjadi makanan sejuta umat. Sumber protein hewani yang melimpah ruah adalah ayam. Ayam menjadi makanan yang paling banyak diolah dengan berbagai macam menu, seperti ayam goreng tepung, ayam goreng lengkuas, ayam goreng serundeng, ayam bakar madu, ayam bakar penyet, ayam geprek, dan masih banyak ayam-ayam olahan lainnya. Satu menu yang membuat saya tertarik untuk mencoba yaitu ayam lanting. Ayam lanting ini kalau dilihat-lihat dia mirip seperti ayam yang dagingnya dipotong bentuk kecil, lalu digoreng crispy, sebagai tambahan ada nasi dan juga condiment cabai yang ada kremesannya. Kalau saat mencoba saya teringat dengan menu tahu cabai garam. Nah menu ini saya suka sekali karena gurih, ayamnya crispy, ditambah dengan nasi hangat, pedas, gurih dan kriuk menjadi satu kesatuan harmoni yang menghibur organ saya. Oya, untuk menu ini bisa dipesan di Kopi Ko Acung ya. Kalau yang ini sih menunya tidak cocok untuk sharing karena satu porsi untuk satu orang ya.

 

5.     Nasi goreng

Nasi goreng kecombrang ini wangi banget dan tidak terlalu berminyak, fave banget! (Dok. Pribadi)


Ketika saya tinggal di Jakarta Pusat, seketika saya tahu bahwa nasi goreng menjadi menu yang akan saya sering temui dalam radius 500 meter, mungkin kitab isa menemukan 3 penjual nasi goreng, bahkan kadang mereka hanya terpaut beberapa meter saja. Penjual nasi goreng yang begitu menjamur, membuat bingung mau pilih yang mana. Ada nasi goreng ayam, nasi goreng sosis, nasi goreng bakso, nasi goreng kambing, nasi goreng seafood, nasi goreng gila dan nasi goreng sekte lainnya. Menu nasi goreng jujur saja menjadi keseharian saya, karena enak dan juga sudah lengkap ada sayur dan dagingnya. Karena sudah sering mencoba nasi goreng yang saya sebutkan tadi, saya pun berusaha juga mencari menu nasi goreng antimainstrim. Saya senang akhirnya ketemu juga dengan nasi goreng yang antimainstrim, namanya nasi goreng kecombrang. Kecombrang punya aroma dan rasa yang unik, sehingga ketika dibuat dalam nasi goreng, wah jangan ditanya, enak banget. Apalagi nasi gorengnya tidak terlalu berminyak dan juga ada condiment telur dadar/ceplok dan kerupuknya. Belum lagi tambahan ada sayurnya seperti tomat dan timun, duh maknyus pisan deh! Menu nasi goreng kecombrang ini bisa ditemukan di Kopi Ko Acung ya, satu porsi harganya 38 ribu saja, dijamin kenyang.

 

Nah, itu dia lima menu kuliner halal yang kita bisa temukan di Jalan Sabang, Jakarta Pusat. 

Selamat mencoba!

Comments