Kurio Versi Terbaru Menjawab Kebutuhan Update Berita Generasi Milenial

Kurio sebagai aplikasi pengumpul berita yang bebas hoax dan click bait (dok. Kurio)
Kemudahan dalam mencari informasi merupakan dambaan setiap insan. Tak terkecuali bagi kita para generasi milenial yang inginnya serba cepat dan kalau bisa satu tempat bisa untuk mencari semua informasi yang kita perlukan. Tak terkecuali untuk media berita digital.

Bagi saya update berita setiap hari adalah kebutuhan “wajib”. Ada banyak cara bagi saya untuk mengakses berita yang saya inginkan. Bisa melalui akun Instagram berita untuk melihat update terkini. Namun yang paling utama saya biasanya buka situs web berita lewat browser. “Media berita yang dulu bukanlah yang sekarang”, dulu boleh jadi saya hanya buka 1 portal berita dari binaan Jacob Oetama alias Kompas. Kini seiring berjalannya waktu, saya suka mengakses beberapa media berita digital lainnya, misalnya BBC Indonesia, CNN Indonesia, Kumparan dan masih banyak lainnya.

Bagi saya, mengakses berita tidak hanya untuk melihat perkembangan peristiwa saat ini, melainkan saya juga suka ”kepo” beberapa rubrik hiburan atau video singkat beberapa detik mengenai reportase yang dilakukan oleh wartawan berita. Gabungan antara tulisan, gambar dan video membuat kegiatan update berita semakin menyenangkan. Dulu, saya sempat berangan-angan, apa iya ya nanti suatu hari saya bisa mengakses semua berita dalam satu aplikasi saja.

Ada 400 media berita digital yang dikurasi setiap kontennya oleh kurator Kurio, mantap! (dok. kurio.id)

Ternyata memang saya yang “kudet” alias “kurang update”. Kurio sudah hadir rupanya kira-kira enam tahun yang lalu. Nah, Kurio ini merupakan salah satu aplikasi pengumpul berita. Jadi di dalam aplikasi Kurio terdapat 400 lebih media berita digital yang dapat kita akses dengan cepat, mudah, nyaman dan pastinya selalu update. Sebagai agregator berita yang kekinian, Kurio meningkatkan performanya melalui peluncuran Kurio Versi 4 (V4) pada beberapa waktu lalu. Bersamaan juga dengan peluncuran logo barunya yang berbentuk “hashtag” (#) berwarna biru. Logo inilah yang akan menjadi representasi utama Kurio yang mengedepankan personalisasi dan pastinya untuk para pengguna yang memiliki beragam aspirasi. Woah, keren ya! Saya sih suka banget dengan logo dan filosofinya.

Logo Kurio terbaru berbentuk hashtag (dok. Kurio)

Berbekal rasa penasaran, saya pun mengunduh Kurio di hp saya. Dari tampilan saya merasa sangat nyaman, kombinasi warna putih biru membuat mata saya tidak lelah saat membaca halaman demi halaman berita. Eye friendly banget, hehehe.

Ini Kurio aku, mana Kurio kamu? (dok. pribadi)

Kurio Versi 4 ini memiliki beberapa fitur baru yang menjadi unggulan rupanya. Nah, kira-kira apa saja ya fitur di Kurio Versi 4 ini? Yuk kita cek satu per satu!

1.     TopStories
Fitur Top Stories (dok. pribadi)
Fitur ini berisi konten berita yang sedang trending dan paling update. Setiap konten berita akan dikurasi oleh para kurator Kurio yang handal secara ketat dan juga diseleksi oleh sistem algoritma Kurio. Jadi ngga perlu khawatir sama “hoax” dan “click bait”.

2.     ForYou
Fitur For You yang bisa dimasukan topik yang kita inginkan (dok. pribadi)
Nah, bagian ini menarik karena kita bisa mencari berita khusus dengan kata kunci yang kita inginkan, misalnya terkait olahraga, kuliner, kesehatan dan lainnya. Uniknya lagi kamu bisa pakai menu “add” (+) untuk bikin konten favoritmu di sini. Asik banget kan!

3.     Kliping
Salah satu kliping Kurio tentang Alm. Pak Sutopo (dok. pribadi)
Kliping ini bukan kayak dulu pas jaman sekolah nempelin kertas koran ke kertas HVS lalu dijilid loh. Hehehe. Kliping Kurio ini berisi ringkasan informasi dengan tampilan visual yang menarik seperti IG stories. Ini merupakan salah satu fitur yang paling aku suka sih, karena asik banget dibaca dalam waktu singkat dan juga lengkap informasinya.

4.     Podcast
Fitur Podcast berisi audio yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun (dok. Kurio)
Nah, kalau fitur yang satu ini berupa konten audio yang bisa kamu dengerin dimana dan kapan aja. Programnya banyak dan juga menarik loh. Barangkali kamu lagi nyari-nyari inspirasi, podcast ini cocok banget buat kamu.

Ada pepatah mengatakan, “kalau ada fitur baru, fitur lama jangan dilupakan”. Beberapa fitur Kurio sebelumnya masih tetep eksis kok di versi 4 ini misalnya video, liputan khusus, trending, dan polling.

Dark mode yang membantu dikala membaca saat lampu kamar sudah dimatikan (dok. pribadi)
Oya ada satu lagi fitur terbaru yang saya rasa cukup unik dan belum saya temui pada aplikasi serupa yaitu “dark mode”. Fitur ini bermanfaat banget buat saya yang masih sering buka hp ngecek berita sebelum tidur saat posisi lampu kamar sudah dimatikan. Mata menjadi tidak silau dengan cahaya warna latar aplikasi dan tetap bisa mengakses dengan maksimal.

Ini pengalaman aku untuk #UpdateTerus dengan menggunakan Kurio Versi terbaru. Sejauh ini saya merasa kebutuhan update informasi dapat terpenuhi dengan sangat baik dan masih sambil eksplorasi juga untuk fitur lainnya. Saya yakin dengan makin berkembangnya jaman, Kurio akan terus berinovasi dan menjadi andalan bagi para penggunanya. Mantap Kurio!

Comments

  1. Wah, makin suka deh dengan Kurio versi terbaru. Fiturnya bener-bener mengerti kemauan kita sebagai pengguna banget! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kekinian banget yaak...mantep jiwaaa, enak dipakenya...

      Delete
  2. Termasuk Aku nih kudet sampe Gak tau Ada #kurio Sejak 6 tahun lalu. Thanks Infonya mba

    ReplyDelete
  3. Asik nih kalau punya aplikasi Kurio, lebih update sama berita dan hiburan lainnya, aku juga mau download ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba download mba, ini kecil juga loh ga gede, jadi ga takut menuhin HP

      Delete
  4. Wah enak nih bisa update berita terus klo punya aplikasi kurio.. kaya nya aku mau coba juga aaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mba, enak kok aplikasinya ringan dan langsung bisa update semua berita

      Delete
  5. Dih bener-bener kudet neeh, klo ga baca postingannya mana tahu ada Kurio biar bisa update

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak kak...qiqiqi saya juga awalnya gitu...sekarang yang penting udah update lagi kak

      Delete
  6. Betul Ka, mengakses beberapa media berita digital lain juga untuk mencari lebih banyak informaai yang akurat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi kalau banyak berita kita bisa yakin akurasi berita yang kita peroleh ya kak

      Delete
  7. Jadi cukup install kurio kita bs akses sumber berita dari mana saja ya. Ga perlu install aplikass berita satu2. Lumayan hemat storage 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener kak...aku awalnya banyak buka browser satu-satu, lama banget itu kak..wkwkwk

      Delete
  8. Kurio ini update terus ya beritanya? Jadi buat aku yang gak sempet nonton tv karena kerjaan bisa download aplikasi satu ini biar enggak ketinggalan info

    ReplyDelete
    Replies
    1. update banget kok kak, bahkan per menitnya selalu update. Contohnya kemarin pas berita gempa aku bisa akses puluhan berita dari berbagai portal berita, karena beritanya langsung udah terintegrasi di sini kak.

      Delete
  9. Wah sama aku juga kudet banget baru tau ada aplikasi berita online kurio ini,untuk beritanya up to date yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa up to date dan bebas hoax kok..qiqiqi

      Delete
  10. Aku belum pernah pakai ini, malah baru tahu. Sip banget infonya. Segera aku kepoin nih si Kurio.

    ReplyDelete
  11. Kalau dulu rasanya saya harus menunggu koran untuk lihat berita. Sekarang serba cepat kalau pakai apps Kurio

    ReplyDelete
  12. Wah makin mudah dan asyikk nih, liat berita terupdate d kurio. Baru tau nih, kepoin ah. Cuz langsung download ..

    ReplyDelete
  13. Wah aku pikir baru juga ternyata aku pun kudet sekali sama hal ini. Huhu :(

    ReplyDelete
  14. Keren banget mba, jadi bisa update berita dimanapun dan kapanpun yah mba

    ReplyDelete

Post a comment