Merayakan Pekan Kemerdekaan Indonesia bersama Karya Visualisasi Protein

 

Crystal structure of the carboxy-terminal domain of a coronavirus M protein fused with a split GFP yang dimodifikasi menjadi warna merah putih (PDB ID: 7Y96)


Tahun ini telah bertambah lagi satu tahun usia Indonesia. Indonesia telah memasuki usia dengan angka kembar, “77”. Semua ini bermula dari 17 Agustus 1945, masa-masa Indonesia untuk pertama kalinya menyatakan kemerdekaannya. Saya merasa beruntung bisa lahir di Indonesia. Betapa tidak, negara yang memiliki beragam suku, budaya dan agama ini memberikan kebebasan bagi rakyatnya untuk berkarya baik melalui coretan pena, prototipe seni semisal film, lukisan, dan juga dalam bidang sains dan teknologi.


Pekan kemerdekaan Indonesia tahun ini saya isi dengan melanjutkan penelitian saya. Hari libur 17 Agustus 2022 yang jatuh pada hari rabu menjadikan hari libur terjepit di tengah-tengah hari kerja. Berhubung tidak dapat tugas untuk ikut upacara dari kantor, maka saya iseng-iseng untuk membuat sejumlah modifikasi dari protein yang saya temukan dari sebuah database protein. Protein data bank (PDB) merupakan salah satu database protein terbesar yang digunakan oleh para peneliti di dunia. Pada penelitian saya, protein ini digunakan untuk melihat aktivitas obat dengan makromolekulnya atau protein targetnya. Nah, kurang lebih pekerjaan saya ini untuk menemukan kandidat obat baru yang berasal dari bahan alam Indonesia, sehingga untuk menemukannya saya perlu informasi dari protein target dan kemudian dilakukan penambatan untuk melihat apakah ada potensi dari senyawa bahan alam asli Indonesia sebagai kandidat obat untuk penyakit tertentu.


Iseng-iseng saya mencoba untuk melakukan visualisasi dua protein yang secara random saya temui dengan warna merah dan putih sesuai dengan warna bendera Indonesia. Berikut tampilannya untuk yang saya beri warna merah dan putih.

Protein CryoEM structure of the YejM/LapB complex (PDB ID: 7T6D)


Visualisasi protein yang kedua saya buat warnanya lebih beragam, sebagai filosofi bahwa Indonesia memiliki keragaman suku, budaya, bahasa dan juga agama. Saya melihat ada diversitas yang unik di Indonesia yang bersatu dengan adanya slogan Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda tetapi tetap satu jua.


Protein Solution structure of human secretory IgA1 (PDB ID: 3CHN)

Saya senang sekali akhirnya bisa produktif di pekan kemerdekaan Indonesia, ada sesuatu yang bisa saya kerjakan dan juga mudah-mudahan bermanfaat bagi bangsa ini di kemudian hari.

Melakukan visualisasi protein ini tentunya tidak terlepas dari persiapan protein dan juga faktor pendukung utamanya, yaitu internet cepat. Saya seringkali mengalami kendala jaringan internet di kosan. Hal ini tentu menjadikan saya mati gaya. Penelitian saya dan kegiatan belajar mengajar membutuhkan internet cepat yang unlimited. Besarnya bandwidth internet yang harus saya konsumsi menjadikan operator di hp saya tidak mampu. 

Beruntungnya di kos saya menyediakan layanan internet terpusat dengan menggunakan IndiHome. Layanan ini merupakan salah satu produk milik Telkom Group yang mampu menjawab kebutuhan saya akan internet cepat. Kebetulan untuk menyambut perayaan 17 Agustus 2022, pada pekan kemerdekaan indonesia kali ini, IndiHome menyediakan berbagai promo menarik mulai dari cashback 77% untuk langganan add-on IndiHome, voucher potongan 50 ribu untuk membayar tagihan dengan menukar poin myIndiHome serta kita bisa tukar poin mulai dari 770 poin dengan merchant menarik di aplikasi myIndiHome.

Selama momen pekan kemerdekaan Indonesia, aku melihat banyak anak muda yang berkarya dengan dukungan internet yang memadai, apalagi semua sudah berbasis media sosial dan menggunakan kecanggihan teknologi komputerisasi. Internet menjadi jalan nafas bagi banyak orang untuk berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Ini dia karyaku selama menyambut pekan kemerdekaan Indonesia, bagaimana dengan kamu?

Sumber protein:
https://www.rcsb.org/structure/3chn
https://www.rcsb.org/structure/7T6D
https://www.rcsb.org/structure/7Y96







Comments