Jangan Sembarangan, Ini Dia 5 Tips Memilih Pelembut dan Pewangi Pakaian

Variant Korean Strawberry Produk Unilever (Dokumentasi pribadi)

Kegiatan mencuci baju menjadi rutinitas setiap seminggu sekali. Maklum anak kosan yang masih hidup sendiri ini baru sempat meluangkan waktunya untuk mencuci pakaian kerja di akhir pekan. Berhubung di kosan tidak disediakan mesin cuci, jadilah saya suka mencuci sendiri secara manual. Mengapa tidak di laundry saja bajunya? Mungkin ada banyak teman kantor yang menanyakan demikian kepada saya. Mencuci baju secara manual terbilang tidak mudah dan juga harus menyiapkan waktu mungkin sekitar 3 jam totalnya ya kemudian jangan lupa siapkan bahan utamanya yaitu detergen, pelembut pakaian dan pewangi pakaian. 

 Saya termasuk orang yang membuat perencanaan dulu sebelum mencuci. Sebagai langkah persiapan, saya pisahkan terlebih dahulu pakaian yang bisa luntur atau pakaian berwarna gelap dan pakaian yang berwarna cerah. Pembagian ini dibuat karena kalau pakaian luntur dijadikan satu dengan pakaian berwarna cerah, bisa-bisa rusak semua warnanya, hehehe. Setelah dilakukan pembagian, selanjutnya adalah tahap perendaman. Perendaman dengan detergen ini kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menit. Sambil menunggu pakaian direndam, biasanya saya sambilan beberes kamar. Oya, perendaman pakaian jangan terlalu lama ya, karena nanti akan merusak serat-serat kain terutama pakian batik. Kalau pakaian batik saya bedakan lagi aturannya antara lain tidak disikat dan perendaman hanya sekitar 10-15 menit. 

Selesai perendaman, maka air akan saya ganti dengan air detergen baru sambil saya sikat satu per satu pakaiannya. Perhatikan juga jenis kainnya ya, ada yang tipenya tidak boleh disikat misalnya jenis kain flannel, karena nanti bisa berbulu. Kalau saya sih amannya hanya kucek-kucek saja untuk yang bahannya flannel dan batik. Setelah proses tersebut tiba saatnya dilakukan pembilasan. Nah ini juga merupakan tahapan yang penting, bagaimana kita membilas dengan bersih tanpa meninggalkan sisa detergen pada pakaian. Efeknya kalau masih ada sisa detergen adalah pakaian bisa bau apek dan juga tidak nyaman saat dikenakan. Untuk pembilasan biasanya saya menggunakan teknik 3 kali bilas supaya betul-betul tidak ada residunya. 

Selanjutnya adalah tahapan yang paling ditunggu-tunggu. Pakaian yang dicuci hanya dengan menggunakan detergen biasanya akan lebih kusut dan terkesan kusam. Oleh karena itu, saya biasanya menambahkan pelembut pakaian dan pewangi pakaian. Namun, dalam memilih pewangi dan pelembut pakaian ternyata tidak bisa asal-asalan loh. Kita sebaiknya memperhatikan 5 tips berikut. 

1. Pewangi pakaian dan pelembut pakaian yang aman bagi kulit Kulit saya termasuk yang sensitive, jika terkena detergen saja bisa merasa panas dan kemerahan. Oleh karena itu, saya sangat selektif memilih detergen, pewangi dan pelembut pakaian. Dari beberapa produk yang saya coba, akhirnya saya telah menemukan yang paling tepat yaitu Molto. Produk Molto tidak membuat tangan saya menjadi panas, kemerahan maupun iritasi, sehingga kegiatan mencuci saya masih aman dan bisa berlanjut tanpa khawatir akan terjadinya iritasi. Namun, ada juga yang memang sangat sensitif dengan jenis apapun, maka solusinya bisa menggunakan sarung tangan ya saat mencuci baju. 

2. Pewangi pakaian dan pelembut pakaian yang tidak merusak warna pakaian Saat memilih pewangi dan pelembut pakaian saya pernah merasakan warna baju saya menjadi rusak, sungguh sedih sekali saya saat itu. Bayangkan saja, warna pakaian yang tadinya gelap, jadi ada belang-belangnya. Sejak itu, saya mulai mencoba-coba menggunakan berbagai merek pewangi dan pelembut pakaian. Akhirnya bertemu dengan Molto yang sama sekali tidak merusak pakaian saya, bisa melembutkan dan menjaga kualitas kain dari pakaian. 

3. Pewangi pakaian dan pelembut pakaian yang anti bau dan tahan lama wanginya Nah ini dia yang juga menjadi pertimbangan saya dalam memilih pewangi dan pelembut pakaian. Setelah beraktivitas tentunya pakaian kita memiliki bau misalnya bau keringat, bau polusi, debu dan juga bau lainnya yang kita temui di perjalanan. Bau-bau ini biasanya tidak bisa hilang hanya dengan proses mencuci dengan detergen. Di sini pewangi dan pelembut pakaian akan bekerja. Saya baru menemukan juga Molto Korean Strawberry yang menurut saya wanginya enak banget. Seger banget gitu. Molto Korean Strawberry ini bisa melindungi pakaian kita dari 7 bau membandel seperti bau keringat, bau badan, bau asap, bau amis, bau polusi, bau apek dan bau bawang. Setelah direndam dengan Molto Korean Strawberry, baunya tidak otomatis hilang saat kita bilas, jadi baunya masih tahan lama dan 7 kali lebih wangi sampai pakaian tersebut kita kenakan lagi. 

4. Pewangi pakaian dan pelembut pakaian yang terjangkau harganya Tentunya dengan prinsip ekonomi, kita ingin mendapatkan produk berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. Sebagai anak kosan yang dompetnya menangis setiap akhir bulan, saya masih bisa memenuhi kebutuhan untuk pewangi dan pelembut pakaian. Hal ini cukup membahagiakan saya, karena harga Molto Korean Strawberry dangat terjangkau dengan kemasan 680 ml harganya hanya 16.900 saja, kalau lagi bokek bisa juga membeli yang kemasan 9 ml dengan harga 500 rupiah (ada promo beli 12 gratis 1 lagi). Harganya ini sungguh sangat bersahabat sekali dan membuat saya menjadi pede kalau ke kantor dengan aroma wangi baju saya, hehehe. 

5. Pewangi pakaian dan pelembut pakaian yang all in one Kadang kala ada produk yang memisahkan antara fungsi pewangi dan fungsi pelembut. Namun kalau kita bisa mendapatkan yang all in one kenapa harus cari yang terpisah-pisah? Pas banget nih produknya Molto Korean Strawberry dari Unilever ini sudah berfungsi sebagai pewangi dan juga pelembut pakaian Korea. Kalau seperti ini kan jadinya sudah efektif dan efisien ya, sehingga kita tidak terlalu banyak mengeluarkan uang. Saya suka banget dengan wanginya Korean Strawberry ini, menurut saya segar banget dan wanginya tahan lama. 


Saya akhirnya kepoin lagi, kira-kira apakah ada produk lainnya yang juga memiliki wangi Korean Strawberry ini. Ternyata ada nih beberapa produk Unilever lainnya yang juga memiliki wangi yang sama, misalnya Rinso Korean Strawberry Powder 700g. Nilai plusnya lagi tidak panas di tangan, 99% efektif membunuh virus dan bakteri, cukup 1 kali kucek, dapat menghilangkan noda serta menjaga warna pakaian agar tetap cerah. Saya juga menggunakan produk ini untuk mencuci baju, karena sudah all in one detergen dengan pelembut dan pewangi pakaiannya. 

Selain itu ada lagi Sunlight Extra Korean Strawberry yang mampu bersihkan lemak dengan kesegaran Korean Strawberry dengan harga hanya 13.500. Sebagai anak kosan yang juga cuci piring sendiri saya perlu banget ini, hehehe. Apalagi semua produk-produk ini tidak sulit dicarinya, bisa dibeli secara online di : E-commerce (Tokopedia, JD.ID) dan Supermarket lainnya.

Comments