5 Hal Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Berlibur Ke Luar Negeri Pascapandemi


Pandemi usai, saatnya kita jalan-jalan keluar negeri (sumber: meramuda.com)

Pandemi telah menjadi endemi. Saatnya kita bisa kembali healing untuk menjalankan aktivitas secara normal lagi. Kalau di Indonesia sendiri ditandai dengan adanya penurunan level PPKM menjadi level 1. Hal ini menjadi penanda bahwa banyak jam operasional yang akan kembali normal seperti sedia kala. Misalnya saja jam tutup minimarket bisa sampai jam 10, demikian pula untuk pusat perbelanjaan. Rumah makan bisa dibuka sampai pukul 02.00 dini hari dan bekerja saat ini sudah 100% WFO. Saya sih sangat menyambut dengan baik, apalagi ketika peraturan bahwa masker sudah boleh dilepas jika kita berada di tempat terbuka menjadi angin segar untuk kondisi new normal.


Setelah jenuh dengan rutinitas kantor tiada henti, yang mana bisa double zoom atau bahkan triple zoom dalam satu waktu, atau terpaksa hanya di rumah karena cuti bersama libur panjang ditiadakan, saatnya kita bisa jalan-jalan lagi. Kalau saya sih sangat menantikan banget bisa jalan-jalan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Nah sebelum kita berangkat liburan ke luar negeri ada lima hal yang perlu kita siapkan nih, yuk intip ada apa saja ya.


  1. Kesiapan paspor: buat paspor baru atau perpanjang paspor

Paspor merupakan dokumen wajib kalau kita akan melakukan kunjungan ke luar negeri. Bagi kamu yang belum punya paspor maka bisa melakukan pendaftaran pembuatan paspor secara online dan menyiapkan berkas pendukungnya seperti KTP, KK, Ijazah, Surat Nikah dan dokumen lainnya. Saya jadi inget waktu dulu pertama kali buat paspor, semua berkas asli harus kita bawa untuk langkah verifikasi. Namun, jika sudah punya paspor sebelumnya, kamu tinggal mengecek saja berapa lama jangka waktunya habis. Kebetulan paspor saya habis di bulan Juni 2022, oleh karena itu saya harus mengajukan perpanjangan paspor nih. Oiya satu hal juga yang menarik adalah, kita bisa menentukan jenis paspor kita apakah paspor biasa atau e-paspor.


  1. Jangan lupa lakukan pengajuan visa bagi negara yang memiliki syarat visa

Kalau berkunjung ke negara ASEAN atau negara lainnya yang tidak ada syarat visa tentunya akan lebih mudah bagi kita. Namun jika misalnya kita mau ke Jepang, maka kita harus mengajukan visa melalui lembaga yang telah terpilih. Hal yang perlu kita perhatikan adalah, proses pengajuan visa tidaklah memakan waktu yang singkat. Untuk beberapa negara seperti Jepang, pengajuan visa bisa dilakukan 1 bulan sebelum keberangkatan. Nah, berdasarkan pengalaman aku sebelumnya untuk mengajukan visa ke Jepang membutuhkan waktu kira-kira 2 minggu, mulai dari mendaftar terlebih dahulu, datang dengan membawa berkas-berkas dan pastikan sudah menyusun itinerary yang spesifik ya. Ada beberapa hal kita harus sudah miliki informasinya, seperti lama kunjungan, maskapai penerbangan, lokasi penginapan dan uang tabungan kita. Hal ini penting agar proses pengajuan visa kita berjalan dengan lancar.




  1. Pelajari peraturan karantina negara tujuan

Negara-negara kini sudah membuka secara penuh kunjungan dari Indonesia. Pariwisata pulih dan kasus aktif COVID19 sudah sangat kecil. Namun tidak semua negara mungkin boleh masuk dengan bebas, contohnya saja Korea Utara yang saat ini malah masih menghadapi tingginya jumlah kasus infeksi COVID19. Oleh karena itu, bagi kita yang ingin bepergian ke luar negeri harus mengecek peraturan karantina dari negara yang akan kita tuju. Apakah kita perlu karantina 14 hari sebelum berwisata, atau malah sudah bebas 100% tanpa karantina lagi.


  1. Cek provider penyedia internet stabil selama di luar negeri

Jalan-jalan ke luar negeri merupakan pengalaman berharga dalam hidup kita. Mengunjungi lokasi wisata yang seru dan menarik tentunya membuat kita tak sabar untuk segera update statusnya di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Oleh karena itu, kita perlu mengecek ketersediaan internet stabil yang dapat kita gunakan selama berada di luar negeri. Dengan adanya internet stabil, maka aktivitas liburan kita akan semakin menyenangkan. Kita bisa memanfaatkan internet lokal di negara tujuan kita. Kalau contohnya di Indonesia menggunakan IndiHome dari TelkomGroup yang kualitasnya sudah sangat baik dan lancar internetannya.


  1. Vaksin lengkap, lebih baik jika sudah booster

Persyaratan ini wajib kita penuhi apabila kita ingin bepergian ke mana-mana tidak hanya ke luar kota, bahkan ke luar negeri pun kita diminta sudah mendapatkan dosis vaksin sebanyak minimal 2 kali dan bisa melakukan booster. 


Nah itu dia 5 hal yang perlu kita perhatikan dan siapkan sebelum berlibur ke luar negeri. Yuk kita mulai rencanakan dan bangkit bersama IndiHome.




Comments