Bekasi Siap Menjadi Magnet di Ajang Asian Games 2018

Ayo Dukung Asian Games 2018! (Sumber: asiangames2018.id)
Tepat sebulan lagi Asian Games 2018 akan dimulai. Perhelatan olahraga Asia akbar setiap 4 tahun sekali ini sungguh dinantikan oleh seluruh warga Asia, khususnya Indonesia. Setelah penantian selama 56 tahun berbuah juga, negeri ini kembali dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games 2018, sebelumnya Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962. Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan yang pesertanya berasal dari 45 negara Asia. Tahun ini merupakan tahun yang istimewa karena ada 10 cabang olahraga baru yang ditambahkan yaitu rollersport, bridge, basket 3x3, jetski, pencak silat, jiu jitsu, sambo, kurash, paralayang dan panjat tebing.  Lokasi pertandingan berbagai jenis olahraga ini tentunya tidak terpusat di Jakarta saja, beberapa daerah lain seperti Bogor, Bandung, Palembang dan Bekasi tentunya akan “kebagian jatah” pertandingan. 
Stadion Wibawa Mukti: Para pecinta bola ayo merapat!
 
Inilah dia Stadion Wibawa Mukti Bekasi yang keren (Sumber: ngopibareng.id)

Sebagai warga Bekasi saya merasa sangat bangga. Betapa tidak, perhelatan akbar Asian Games 2018 akan dilaksanakan juga di Bekasi. Stadion Wibawa Mukti yang berlokasi di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi akan menjadi saksi perhelatan cabang olahraga (cabor) sepak bola Grup D yang termasuk didalamnya Negara Jepang, Vietnam, Pakistan dan Nepal. Stadion Wibawa Mukti kini tengah menjalani perbaikan dan penambahan fasilitas untuk mencapai standar terbaik untuk ajang Asian Games 2018. Saat ini proses renovasi dan perbaikannya sudah mencapai 85% dan akan selesai tepat pada waktunya sebelum ajang bergengsi ini dimulai. Warga Bekasi tentu saja boleh berbangga karena Stadion Wibawa Mukti ini merupakan stadion yang telah berstandar FIFA (Federation of Internal Football Association). Sebuah pencapaian yang sulit tentunya karena standar Federasi Sepak bola Dunia ini tidaklah mudah, sebagai salah satu contohnya penggunaan rumputnya tidak boleh sembarangan. Rumput yang digunakan yaitu rumput jenis Zoysia Matrella atau yang lebih dikenal dengan sebutan rumput Manila yang saat ini juga digunakan pada stadion Piala Dunia 2018. Stadion yang pernah digunakan saat Porda Jabar XII pada tahun 2014 ini memiliki kapasitas kursi sebanyak 40.000, tentunya akan sangat cukup lega untuk menampung para pendukung baik dari Indonesia maupun Negara Asia lainnya. Wah, jadi tak sabar segera ingin menyaksikan pertandingan bola di stasion yang keren ini.

Asian Games 2018 di Bekasi, tidak perlu takut, dijamin aman!
Selama periode Asian Games nanti kita tidak perlu khawatir, sebab penjagaan di lokasi penyelenggaraan akan sangat ketat. Polres Metro Bekasi Kota siap untuk melakukan penjagaan selama 24 jam di 34 jembatan penyebrangan orang (JPO) yang menjadi rute menuju stadion Wibawa Mukti. Teknisnya satu jembatan akan dijaga oleh 2 personil polisi selama 24 jam. Adapun penjagaan ini dilakukan untuk mencegah adanya oknum “nakal” yang melempar batu dari atas jembatan. Tiga puluh empat jembatan ini termasuk dalam rute jalan tol dari Jakarta ke Bekasi Barat. Kapolres Bekasi Kota Kombes Indarto memberikan keterangan bahwa aka nada 1.700 personil polisi yang akan diturunkan dari Polres Bekasi untuk mengamankan stadion, lokasi penginapan atlet dan JPO. Pengamanan ini tidak main-main, selama 24 jam akan dijaga penuh loh!


Dukungan warga Bekasi: mulai dari tandatangan komunitas mobil hingga hias TPS
Ini dia TPS 26 Kranji Bekasi yang bernuansa Asian Games 2018 (Sumber: Republika.co.id)

Semarak Asian Games tentunya sangat terasa karena banyaknya spanduk, baliho, layar LCD bahkan ada di bus Transjakarta yang menampilkan logo dan maskot. Saya juga menemukan bahwa tidak hanya anggota pemerintahan dan Polres Bekasi yang mendukung Asian Games 2018, warga Bekasi pun tidak kalah heboh untuk menyambut event akbar 4 tahunan ini. Paguyuban Komunitas Mobil Bekasi (PKMB) salah satunya yang ikut mendukung melalui doa bersama demi suksesnya atlet Indonesia dan juga menggelar kegiatan tandatangan dukungan Asian Games 2018 di spanduk dengan panjang 300 meter. Wow, panjang banget ya! Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 29 April 2018 saat car free day di sepanjang Jl. Ahmad Yani sampai Summarecon Bekasi. Aksi seru dukungan lainnya yang menurut saya sangat kreatif adalah saat momen pilkada bulan Juni lalu, rupanya warga Kranji, Bekasi menyoblos dengan suasana yang “luar biasa”, adapun TPS 26 disulap menjadi suasana Asian Games. Petugas TPSnya pun menggunakan baju seragam bertuliskan Asian Games 2018 warna merah, semarak banget ya!

Saya sebagai warga Bekasi juga mendukung Asian Games 2018
 

Pose saya di depan maskot Asian Games di PRJ (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Asian Games kini menjadi semangat yang mengalir dalam diri rakyat Bekasi dan Indonesia. Saya pun juga merasakan euforia AsIan Games yang membuat saya tidak sabar untuk menanti. Dukungan yang saya berikan kepada Asian Games adalah salah satunya melalui tulisan ini, kedepannya saya juga akan aktif menulis pertandingan yang saya tonton baik berupa analisis pertandingan, kesan pesan selama menonton pertandingan dan “sosok” yang menjadi panutan khususnya atlet Indonesia. Seluruh lagu tema Asian Games 2018 pun sudah terunduh di laptop saya. Dari 13 lagu yang semuanya keren banget, saya paling menyukai lagu “Bright as The Sun” yang dinyanyikan oleh banyak penyanyi Indonesia. Semua lagu tema Asian Games menurut saya sangat unik, karena menampilkan unsur bunyi alat musik khas Indonesia misalnya gamelan, atau alat musik Bali yang serasi banget sama musik kekinian. Selain menyukai lagu, saya tentunya suka sekali dengan mascot Asian Games, saya sudah membeli merchandise Asien Games berupa celengan, niatnya untuk menabung supaya dapat membeli tiket pembukaan Asian Games 2018 dan tiket pertandingan. Saya ingin banget nonton pencak silat yang “Indonesia banget” dan beberapa cabor yang termasuk dalam 10 cabor baru tahun ini. Rasanya tak sabar menanti bulan depan yang pastinya Bekasi akan menjadi magnet nih. Yuk kita dukung bersama Asian Games 2018! Semangat para atlet Indonesia, selamat berjuang dan buktikan bahwa kita mampu bersaing, berkompetisi dan tentunya sportif ya! Ayo Indonesia!


Referensi









Comments

  1. Howaah... seneng deh kalau setiap daerah di Indonesia mendukung pelaksanaan Asian Games 2018! Apalagi kalau berbagai elemen masyarakat saling bahu membahu demi kesuksesan Asian Games 2018 xD

    Warga Bekasi patut bangga nih! Semoga pas Asian Games nanti berjalan lancar ya kak acaranya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa..seneng banget yaa...semoga pelaksanaan Asian Games 2018 berjalan lancar dan aman di semua daerah ya ka... XD jangan lupa kita juga ikutan nonton yaaa XD

      Delete
  2. Yosh! Semangat kakak. Asian Games akan menjadi tolak ukur Indonesia untuk menjadi tuan rumah olimpiade 2032.
    Btw, stadion Patriot Chandrabaga gak ikut direview kak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuw..yuk dukung atlet kita di Asian Games yuk. Nah, kemarin aku update lagi beritanya stadion yang patriot Chandrabaga kemungkinan tidak jadi digunakan karena masih proses renovasi.

      Delete
    2. Yuhuuw..yuk dukung atlet kita di Asian Games yuk. Nah, kemarin aku update lagi beritanya stadion yang patriot Chandrabaga kemungkinan tidak jadi digunakan karena masih proses renovasi.

      Delete
  3. Wewww Bekasi kereennnnnn... Stadionnya juga bagus bangett ... Walaupun aku bukan orang Bekasi, tapi ikut bangga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..stadionnya sudah masuk kualifikasi FIFA loh, keren pisan euy. Wah makasi ya sudah mampir ke sini kak ^0^

      Delete
  4. Wah di bekasi juga dipake ya buat asian games. Mantab! Kuy ke bekasi apa nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuuy ke Bekasi yukk...nonton bola..hohoho...^0^

      Delete
    2. kuuy ke Bekasi yukk...nonton bola..hohoho...^0^

      Delete

Post a comment