Sun Life Financial: Investasi Pendidikan Anak untuk Orang Tua Masa Kini


Pendidikan sebagai "kunci kesuksesan masa depan" (Sumber: ebolgo.com)

Sebagai "calon" orang tua masa kini, saya banyak belajar dari teman-teman yang telah terlebih dahulu "menapaki" kehidupan rumah tangga. Salah satu teman saya berujar: "Kamu enak deh masih muda, single (baca: jomblo), manfaatkan waktu baik-baik untuk cari penghasilan dan jangan lupa nabung yang banyak ya, karena nanti saat berkeluarga kamu butuh banget buat pendidikan anak-anakmu.” Nasehat teman saya yang panjang kali lebar kali tinggi ini akhirnya menjadi perenungan saya semalam suntuk. “Andaikan saya menikah 2 tahun lagi, saat usia saya 28 tahun, dengan penghasilan saya saat ini berapa banyak ya uang yang bisa saya tabung? Apakah nanti bisa mencukupi ya untuk keperluan keluarga?” batin saya. Saya sendiri sadar betul bahwa sebagai perempuan yang menikah kelak akan ada sang suami yang mencari nafkah utama untuk menghidupi keluarga kami. Tapi saya punya prinsip tersendiri juga, bukan berarti saya hanya bergantung saja dari penghasilan suami. Sebagai “calon istri kekinian” sudah saatnya keuangan keluarga menjadi tanggung jawab suami dan istri. Saatnya menjadi istri yang cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan keluarga, itu menjadi cita-cita saya. Suami istri hendaknya menjadi partner yang saling melengkapi dan kerjasama, terutama soal menyiapkan aset masa depan bagi anak yaitu lewat pendidikan.
Pertemuan pertama dengan Sun Life Financial
Sun Life Edu Fair 2017 di Mall Kota Kasablanka (Dok. Pribadi)
Kebetulan banget di hari Minggu, 22 Oktober 2017, saya dan teman-teman mendapatkan ilmu baru dalam investasi pendidikan anak di masa depan yaitu melalui acara Sun Life Edu Fair 2017 di Mall Kota Kasablanka yang digelar mulai tanggal 20-22 Oktober 2017. Bersama Sun Life Financial Indonesia yang konon kabarnya (dari hasil perkepoan di Sun Life Financial Indonesia) berdiri sejak tahun 1995 merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa yang terkemuka di dunia. Sun Life Financial Indonesia tidak hanya bergerak di asuransi jiwa loh, ternyata ada beberapa produk lainnya yaitu asuransi pendidikan, kesehatan dan perencanaan hari tua, lengkap banget ya. Nah, salah satunya asuransi pendidikan ini yang membuat saya tertarik, kalau asuransi jiwa sudah “mainstream” lah ya. Balik lagi ke acara Sun Life Edu Fair 2017, kali ini ada 20 sekolah formal dan 5 sekolah non formal yang ikut berpartisipasi. Sekolah-sekolah yang hadir antara lain:
Ini dia nih sekolah yang ikutan berpartisipasi (Sumber: sunlifeedufair.com)
Nah, jadi inget deh sama jaman-jaman saya dulu saat mencari sekolahan, orang tua saya belum ada acara seperti ini, jadi mencari sekolahnya masih sulit. Sekedar informasi Sun Life Edu Fair ini merupakan tahun kedua digelar loh, ada beragam aktivitas menarik yang berlangsung selama 3 hari acara, berikut jadwal per tanggal ya:
Jadwal kegiatan Sun Life Edu Fair 2017 (Sumber: sunlifeedufair.com)

Beragam aktivitas seru di Sun Life Edu Fair 2017

Aktivitas yang ada di Sun Life Edu Fair 2017 (Sumber: sunlifeedufair.com)
Ada beberapa poin aktivitas yang menjadi kunci pada kegiatan Edu Fair ini, yaitu:

1. School Exhibition

Sekolah yang mana ya yang tepat untuk buah hati kita? (Dok. Pribadi)
Nah ini dia, saatnya para orang tua berburu sekolah yang cocok untuk anaknya, bisa sekolah formal ataupun sekolah non formal yang untuk mengasah skill anak misalnya dalam bidang seni, musik, dan robotik juga ada loh.

2. Brighter Class
Sesi ini merupakan ajang “open house” bagi sekolah, karena adanya penjelasan lengkap mengenai profil sekolah, kurikulum, prestasi, akreditasi dan program unggulan sekolah.

3. School Performance

Hebat ya kecil-kecil sudah jago main biola! (Dok. Pribadi)
Sesi ini sesi favorit saya sih, karena di sini ajangnya “unjuk gigi” adik-adik yang berbakat banget mulai dari nyanyi, nari, main alat musik hingga paduan suara juga ada. Salut dengan mereka yang tidak hanya sekedar sekolah, namun juga mengembangkan potensi skill non akademik.

4. Generasi #LebihBaik Exhibition
Saya mulanya sempat bingung dengan sesi ini, ternyata usut punya usut, di sinilah adik-adik yang jago menggambar dan melukis diikutkan dalam pameran selama Edu Fair yang dinilai langsung oleh juri dan voting dari para pengunjung. Wah, keren-keren banget deh hasil lukisannya, saya jadi malu. Hehehe.

5. Parenting Talkshow

Nah ini dia nih sesi Talkshow bareng Ringgo dan istri, kece abis! (Dok. Pribadi)
Saya merasa beruntung bisa ikut parenting talkshow bersama Bapak Norman Perwakilan Sun Life Financial Indonesia dan pasangan selebriti Ringgo Agus Rahman bersama istrinya dan buah hati mereka Bjorka. Wah, ternyata Ringgo dan Sabai memiliki didikan perencanaan keuangan yang berbeda loh. Ringgo sendiri mengaku bahwa kedua orang tuanya tidak mempersiapkan keuangan “seapik” keluarga Sabai. Kini untuk buah hatinya Ringgo dan istri mempersiapkan perencanaan yang matang terutama untuk pendidikannya. Ringgo juga menuturkan bahwa dirinya tidak sama sekali “memblok” media digital untuk putranya, aktivitas dan interaksi langung ayah ibu dinilai amat penting buat Ringgo. Media digital yang digunakan pun hanya sebatas untuk kasus tertentu apabila tidak memungkinkan untuk bermain dengan si kecil, misalnya di pesawat atau kendaraan. Ringgo dan istri juga menggunakan media digital video untuk mengabadikan setiap momen bersama si kecil, karena menurutnya video merupakan media yang tak lekang oleh waktu dan dapat menjadi rekam jejak memori baginya saat nanti Bjorka sudah dewasa. “So sweet” banget, saat video Ringgo dan istri bermain bersama sang buah hati. Rasanya agak “baper” sih. Hahaha.

6. Kids Workshop
Selain ada talkshow untuk para ortu, ternyata workshop buat anak-anak juga ada loh. Salah satunya pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Sindo. Wah, kecil-kecil sudah belajar jadi jurnalis nih adik-adiknya, keren ya!

7. Celebrity Performance
Acara-acara Edu Fair tidak melulu isinya yang “serius”, supaya tidak tegang, adik-adik dan orang tua dihibur juga nih dengan penampilan artis-artis cilik.

8. Quiz and Prizes
Bagian ini yang juga bikin “deg-degan” selama talkshow ada kuis yang kalau dijawab bisa dapet hadiah. Ada juga prize untuk pemenang sesi Brighter Class, bangga banget deh lihat hasil karya adik-adik yang menang. Top markotop!

Pentingnya investasi pendidikan untuk anak di masa depan
Dari pengalaman hari ini saya banyak belajar bahwa investasi pendidikan anak di masa depan merupakan hal yang penting, perencanaan tabungan pendidikan dengan kalkulator pendidikan yang ditawarkan oleh Sun Life Financial untuk menghitung berapa besar biaya yang diperlukan untuk pendidikan SD, SMP, SMA bahkan hingga si anak kuliah. Hal penting lainnya juga mengenai proteksi orang tua itu sendiri sebagai “mesin pencari uang”. Selengkapnya mengenai kalkulator pendidikan dapat diakses di sini.

Sebelum pulang tak lupa saya dan teman-teman (Noval Kurniadi dan Ka Sam Nugroho) berfoto bersama nih dengan maskotnya Sun Life Financial, ini merupakan momen yang akan saya ingat ketika tua nanti. Hehehe.

Sebelum pulang foto dulu ahh...(Dok. Pribadi)

Perjalanan saya untuk menjadi “calon” orang tua sudah dimulai, walaupun tugas utamanya adalah cari “calon suaminya” dulu. Saatnya menjadi orang tua kekinian yang bijak dan cerdas untuk investasi pendidikan anak di masa depan.

Comments

  1. jadi ingat kata-kata Ringgo, fokus cari pasangan dulu sebelum mikirin dana pendidikan. Hehehe.
    Tapi ga ada salahnya menyiapkan dana pendidikan sejak dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba Helena...cari calonnya dulu yuk mba...hehehe..sambil bikin perencanaan yang matang buat pendidikan si kecil..hohoho

      Delete
  2. Seru ya acara Sunlife apalagi melihat penampilan anak-anaknya yang menggemaskan xD

    ReplyDelete
  3. dana pendidikan emang paling penting ya untuk masa depan anak :)
    Investasi memang berupa materi, tapi materi itu yang bisa kita "gunakan" untuk masa depan :)

    ReplyDelete

Post a comment